Apa itu Game Online, Sejarah dan Jenisnya

Game Online

ongamebonus.com – Saat ini gadget tergolong mudah didapatkan oleh siapa saja termasuk anak-anak. Ketertarikan orang pada gadget atau gawai pun karena hal yang beragam mulai dari urusan bisnis, pendidikan, sosial media, hiburan dan game.

Game sudah wajib ada dalam aplikasi gadget baik yang online maupun offline. Game online bisa dimainkan kapan saja tanpa harus terhubung ke internet. Sedangkan game online saat dimainkan harus menggunakan jaringan internet.

Mengapa orang tertarik memainkan game online dibandingkan dengan game offline? Terkadang ada game online yang konsepnya sama dengan offline, namun ada lebih banyak keseruan di versi online nya. Misalnya game online tersedia lebih banyak level, aksesoris, lebih banyak lawan mainnya dan lainnya.

Game online adalah permainan yang biasanya menggunakan jaringan internet atau sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Arti game online dalam bahasa Indonesia adalah permainan daring.

Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan game tersebut. Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan komputer atau gadget yang terhubung ke dalam sebuah jaringan internet.

Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, game online adalah sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan.

Sementara menurut Webster Dictionary edisi tahun 1913 istilah game didefinisikan sebagai “A contest, physical or mental, according to certain rules, for amusement, recreation or for winning a stake; as, a game of chance; games of skill; field games, etc.”

Permainan daring terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.

Dalam permainan daring, ada dua unsur utama yaitu server dan client. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.

Sejarah Game Online Mendobrak Dunia

Game online ternyata memiliki sejarah yang panjang hingga bisa menjadi secanggih dan seseru sekarang ini.

Jadi awalnya game online ini dibuat untuk dua pemain yang tujuannya pun untuk pendidikan. Permainan daring dimulai sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan.

Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, dimana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain (multiplayer games).

Game online baru benar-benar mengalami perkembangan setelah tahun 1995, ketika pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan, membuat akses ke domain lengkap dari internet.

Kesuksesan moneter menghampiri perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan game online semakin berkembang hingga hari ini.

Pada tahun 1980, Roy Tubshaw dan Bartle Richard membuat pengembangan pertama Multi-User Dungeon (MUD) pada Desember, di Universitas Essex, Colchester, Inggris. Apa yang sekarang dianggap sebagai “Klasik” MUD diinstal dan berjalan selama sembilan tahun. Akhirnya, popularitas permainan dengan hacker dan non-hacker sama menyebabkan sumber daya komputer untuk digunakan pada tingkat yang luar biasa dan universitas membatasi waktu bermain dengan jam malam.

Meskipun kode MUD adalah hak cipta, Bartle cukup liberal tentang berbagi dengan perguruan tinggi dan universitas untuk tujuan pendidikan. Seseorang di salah satu lembaga mulai melewati sekitar kode sumber untuk teman-temannya.

Pada akhir tahun 1983, ratusan salinan ilegal telah didistribusikan di seluruh dunia, mulai bebas akses MUD menggila di universitas dan akhirnya, di Internet.

Sejak itu banyak perusahaan bahkan perorangan yang membuat game online yang bisa dimainkan baik secara gratis maupun berbayar. Apalagi sekarang ini orang-orang yang membuat game online ini bisa menjualnya di Google Play Store.

Google Play Store merupakan tempat pengunduhan dan pembelian berbagai macam aplikasi termasuk game. Disana ada ratusan game online yang bisa Anda unduh dan install ke gadget Anda.

Game online mulai muncul di Indonesia pada tahun 2001, dengan diluncurkannya Nexia Online, sebuah permainan RPG keluaran BolehGame dengan grafik sederhana berbasis 2D.

Nexia hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup kecil, bahkan bisa dimainkan di komputer Pentium II dengan minimal grafik 3D. Permainan keluaran Korea ini berhasil memperkenalkan bermain game dan chat pertama di Indonesia. Sayangnya, permainan ini ditutup pada tahun 2004 karena lisensi yang tidak diperpanjang. Semenjak itu, dunia game online di Indonesia semakin berkembang dengan masuknya beberap provider game baru, seperti Redmoon (2002), Laghaim pada awal 2003, Ragnarok Online (RO) pada pertengahan 2003 dan Gunbound pada tahun 2004.

Ragnarok Online (RO) merupakan salah satu permainan daring yang menghebohkan di ranah dunia game online Indonesia. Permainan yang keluar pada bulan Mei tahun 2003 ini, memang telah dinantikan kedatangannya dengan penuh antusiasme dari banyak gamer, dan telah lebih dulu booming di ranah mancanegara. Permainan ini langsung diserbu oleh banyak orang dan berhasil membuat permainan daring mencapai titik puncak penggunaan hingga sempat membuat koneksi internet Indonesia kacau karena bandwidth yang tersedia pada saat itu belum memadai.

Jenis Game Online

Ada jutaan game yang ada di dunia maya saat ini. Mulai dari game yang sangat simple hingga yang kompleks, rumit dan bahkan mempertaruhkan uang virtual. Game online pun dibedakan dari beberapa aspek.

Berdasarkan Jenis Permainannya

  1. Massively Multiplayer Online First Person Shooter Games (MMOFPS)
    Permainan ini mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Biasanya ketika bermain, pemain seolah merasakan dirinya ada dalam game. Misalnya game peperangan, maka yang terlihat tangan memegang senjata. Game balapan mobil yang terlihat adalah stir mobil, tangan dan pemandangan dari kaca depan mobil.
    Contoh permainan jenis ini adalah Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake, Blood, Unreal.
  2. Massively Multiplayer Online Real-time Strategy Games (MMORTS)
    Permainan jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Permainan ini memiliki ciri khas dimana pemain harus mengelola suatu dunia maya dan mengatur strategi dalam waktu apapun. Dalam RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).
  3. Massively Multiplayer Online Role-playing Games (MMORPG)
    Nah, yang jenis ini merupakan permainan di mana pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi.
    Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online, The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.
  4. Cross-platform Online Play
    Jenis permainan yang dapat dimainkan secara online dengan perangkat yang berbeda. Saat ini mesin permainan konsol (console games) mulai berkembang menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka (open source networks), seperti Dreamcast, PlayStation dan Xbox yang memiliki fungsi online, misalnya Need for Speed Underground, yang dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360 begitu juga dengan Super Mario dan Sonic.
  5. Massively Multiplayer Online Browser Game
    Permainan yang dimainkan pada peramban seperti Mozilla Firefox, Opera atau Chrome. Sebuah permainan daring sederhana dengan pemain tunggal dapat dimainkan dengan peramban melalui HTML dan teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).
    Perkembangan teknologi grafik berbasis web seperti Flash dan Java menghasilkan permainan yang dikenal dengan “Flash Games” atau “Java Games” yang menjadi sangat populer. Permainan sederhana seperti Pac-Man bahkan dibuat ulang menggunakan pengaya (plugin) pada sebuah halaman web. Browser games yang baru menggunakan teknologi web seperti Ajax yang memungkinkan adanya interaksi multiplayer.
  6. Simulation Games
    Pada life-simulation games, pemain bertanggung jawab atas sebuah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan selayaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja dan sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh permainannya adalah Second Life.
  7. Massively Multiplayer Online Games (MMOG)
    Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. MMOG muncul seiring dengan perkembangan akses internet broadband di negara maju, sehingga memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain bersama.

Berdasarkan Cara Bayar

  1. Pay to Play
    Jenis permainan di mana pemain harus membayar sejumlah uang untuk bermain. Beberapa permainan dapat di-install atau dimainkan secara gratis, namun jika pemain ingin menaikkan level dengan cepat atau membeli barang (item) langka pada permainan, maka pemain harus membayar sejumlah uang, misalnya Gunbound, Ragnarok Online dan Ghost Online. Beberapa permainan lainnya membebankan pemain dengan biaya langganan untuk mendapatkan layanan mereka, seperti pada permainan Lineage II dan Final Fantasy XI.
  2. Free to Play
    Jenis permainan ini tidak membebankan pemain dengan biaya apapun, sehingga dapat dimainkan langsung secara cuma-cuma. Permainan free to play misalnya Subscape, Travian, Terra dan Crossfire. Ada pula permainan free to play yang diselingi oleh iklan, baik di dalam permainan atau pop-up, seperti permainan Anarchy Online.

Berdasarkan Grafis

  • 2 Dimensi (2D)
    Permainan yang mengadopsi teknologi ini biasanya termasuk permainan yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan permainan ini adalah kualitas gambar yang kurang enak dilihat jika dibandingkan dengan permainan 3D. Game online pada umumnya sekarang mengadopsi teknologi 2,5D di mana karakter yang dimainkan berbentuk 2D, namun dengan lingkungan yang sudah mengadopsi 3D.
  • 3 Dimensi (3D)
    Permainan bertipe 3D memiliki grafik yang lebih baik dalam penggambaran sehingga mirip dengan realita. Biasanya dalam permainan dengan grafik 3D memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia dalam permainan tersebut. Akan tetapi, spesifikasi komputer yang dibutuhkan dalam permainan 3D cukup tinggi.

Contoh Game Online Yang Populer di Indonesia

Banyak game yang berseliweran silih berganti di Internet. Game populer pun terus bermunculan dan menjadikan yang lawas sepi peminat. Setiap waktu muncul game online dengan daya tarik tersendiri. Nah, bagi Anda yang ingin gaul dan supaya tidak dibilang kuper dalam dunia game, berikut ini adalah contoh game populer di Indonesia.

  • Dota 2. Merupakan sekuel mod Dota populer untuk Warcraft 3 dan Dota merupakan salah satu MOBA paling laku dimainkan.
    Ini adalah game MOBA cukup simpel dengan tim yang terdiri dari 5 orang dan melawan tim yang serupa. Tujuan dari game ini adalah menghancurkan tim musuh. Namun, kamu harus memiliki strategi yang bagus untuk time untuk mendapatkan kemenangan.
  • PUBG. Player Unknown Battlegrounds, berfokus pada gameplay survival berskala besar. Kamu terdampar di sebuah pulau dan harus melakukan penjarahan seperti pakaian, tempat tinggal, senjata dan lain-lain. Kalian bisa bermain secara tim dan solo player dan harus bertahan hidup di tengah serangan pemain lain.
  • League of Legends. Game ini sempat dipertandingkan pada Asian Games ke-18 Jakarta Palembang dan bisa dibilang salah satu saingan utama Dota 2. League of Legends adalah game yang dikembangkan oleh Riot dan di Indonesia dirilis oleh Garena. Game ini menawarkan pertempuran 5v5 dimana pemenang akan ditentukan oleh tim yang bisa menghancurkan markas atau base lawan.
  • Fortnite. Game ini bertemakan perang antar kerajaan dan ingin bermain dengan orang lain di dunia terbuka yang di mana semua orang keluar untuk bertarung satu sama lain, Fortnite merupakan game yang cocok untuk kalian mainkan.
    Game ini merupakan game survival yang mencakup mode pertempuran hebat, juga dipenuhi dengan karakter yang menarik dan aksi luar biasa. Jika kalian ingin menikmati game co-op survival yang ringan, makan Fortnite adalah game yang tepat untuk kalian mainkan.
  • Grand Theft Auto (GTA) V Online. Game ini merupakan besutan Rockstar. GTA menawarkan kebebasan dan kegilaan saat memainkan game ini. Game ini juga memiliki mode online yang wajib kalian mainkan. Dalam versi online, kalian bisa memainkan berbagai macam kegilaan.
    Dari misi yang sangat bervariasi, seperti balapan liar, heist mission bersama teman-teman, atau melakukan hal gila lainnya seperti death match ataupun royal rumble. Kalian bisa bermain bersama teman sambil melakukan hal gila dan konyol menjelajahi kota-kota di GTA.